Berpetualang ke Gunung Ijen, Panduan Lengkap untuk Pemula

Gunung Ijen: 1.persiapan sebelum ke gunung ijen 2. Tiket Gunung Ijen 3. Transportasi menuju gunung ijen 4. Estimasi Perjalanan Menuju Gunung Ijen

duduksebentar.website - Kawah ijen memiliki ketinggian 2.769 mdpl yang terletak diantara kota Banyuwangi dan Kota Bondowoso. Terkenal dengan gas sulfur atau blerang dan CO2 yang bersama-sama kemudian menghasilkan semburan api biru atau orang biasa menyebutnya dengan blue fire, yang tidak akan kalian temukan di belahan bumi manapun selain di Kawah Ijen. Tidak hanya itu Danau Asam Kawah Ijen yang berwarna hijau tosca itu seringkali menarik perhatian para pengunjung, meskipun hembusan gas beracun pada Kawah terlihat cantik kita harus tetap waspada dengan menggunakan masker pengaman. Gunung Ijen merupakan salah satu gunung aktif yang dijadikan destinasi wisata di Jawa timur, selain dijadikan wisata gunung ijen juga menjadi salah satu mata pencaharian warga lokal, selama perjalanan kalian akan sering berpapasan dengan warga yang membawa tumpuan belerang dari danau ke bawah untuk dijual.

Kawah Ijen menjadi wisata yang ter-hypening sepanjang masa di Banyuwangi. Jika explore Banyuwangi, kurang sah kalau belum menginjakkan kaki di Kawah Ijen, primadonanya wisata Jawa Timur. Walaupun cukup memakan tenaga untuk mencapai titik atas, namun akan terbayarkan dengan pemandangan yang akan disuguhkan oleh setiap sudut Kawah Ijen, deretan bukit-bukit disekelilingnya akan membuat kalian tak henti-hentinya berdecak kagum, kagum dengan bumi ciptaanNya. Bagi kalian yang suka dengan alam akan aku tebak–kalian akan kembali yang ke-2 kalinya kelak.


Gunung Ijen

1. Persiapkan sebelum ke Gunung Ijen :

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.769 mdpl, untuk mencapai titip atas baiknya mempersiapkan fisik sebelum keberangkatan minimal 1 minggu sebelumnya. Disarankan untuk latihan fisik: jogging, atau kalian bisa seaching di youtube persiapan mendaki gunung.

Suhu Ijen bisa mencapai 18 derajat, tentu berbeda-beda setiap hari sesuai dengan cuaca hari itu, pastikan kalian memakai outfit yang berbahan hangat, hindari yang berbahan jeans; baju, celana, jaket, kaos kaki, sarung tangan, sepatu, dan kupluk.


Baca juga : Wisata Dekat Stasiun KAI Ketapang Banyuwangi untuk Libur Akhir Tahunmu

2. Tiket Gunung Ijen

Pemesanan tiket kawah ijen baiknya booking melalui web resminya h-3, untuk antisipasi kehabisan kuota pendakian. Untuk booking tiket hanya melalui web resmi Gunung Ijen, namun pembayaran bisa dilakukan di Paltuding. Registrasi di Paltuding cukup menunjukkan foto tiket dan Ktp/SIM. 

Tiket wisatawan lokal hari aktif 5000, hari libur 7500, wisatawan asing 150000, parkir motor 5000, parkir mobil 10000.

2. Transportasi menuju Gunung Ijen 

Kawah ijen terletak di antara Banyuwangi dan Bondowoso, maka untuk menuju ke lokasi kalian bisa dari Banyuwangi maupun Bondowoso, berikut pertimbangannya :

Bondowoso :

Rute dari kota Bondowoso ke Paltuding (pintu masuk pendakian gunung ijen) ditempuh kurang lebih 3 jam dari pusat kota, bisa diakses menggunakan sepeda mator maupun mobil. Baiknya kalian menggunakan transportasi pribadi. Sepanjang perjalanan kalian akan melewati sawah dan perkebunan kopi, hingga desa terakhir yaitu desa Sempol. Berhubung kebanyakan melewati perkebunan dan jalanan yang cukup terjal, buat kalian yang pertama kali ke Kawah Ijen maka disarankan untuk berangkat di siang hari atau tidak bertemu malam di jalur perjalanan menuju Paltuding. Membawa tenda pribadi untuk beristirahat sebelum mendaki.

Banyuwangi :

Jika kalian menggunakan transportasi kereta api, kalian bisa turun di stasiun Banyuwangi kota, jika menggunakan bus kalian bisa berhenti di Termuinal Brawijaya, lalu menggunakan jasa calter mobil atau sewa motor/mobil.Melewati kecamatan Licin kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Tidak jauh berbeda dengan rute perjalanan dari Bondowoso, kita akan di pertemukan dengan jalanan yang terjal dan perkebunan yang panjang. Namun rute Banyuwangi yang biasanya menjadi titik keberangkatan ke kawah ijen, karena mudahnya akses menggunakan tranportasi umum maupun pribadi. Namun, sekali lagi tergantung dengan titik terdekat kalian menuju Paltuding.

3. Estimasi Perjalanan Menuju Gunung Ijen dari Paltuding

Pendakian gunung ijen di buka dini hari jam 02.00 WIB, buat kalian yang ingin menikmati indahnya Blue fire bisa start traking jam 02.00, karena blue fire bisa kita lihat ketika langit masih gelap. Trak perjalanan tidak terlalu sulit, dilengkapi dengan rambu jalan disetiap percabangan, dengan kontur jalan krikil halus dan pasir disarankan memakai sepatu atau sendal gunung yang tidak licin. Jika kalian memiliki bekal fisik sebelumnya, maka kalian akan cukup mudah mencapai atas. Estimasi perjalanan menuju puncak kurang lebih 2 jam, kemudian jika ingin melihat blue fire lebih dekat kalian akan lanjut traking ke bawah menuju Danau Asam Kawah Ijen kurang lebih 30 menit, disarankan untuk menyewa masker pengaman atau alternatif lain kalian bisa membasahi masker kalian dengan air untuk menghindari asap gas beracun. Trak menuju danau berbeda, tidak lagi berpasir namun kontur jalan berubah bebatuan yang terjal, selama perjalanan kalian harus fokus dan berhati-hati.


trek menuju kawah ijen

baca juga : 
Hidden Gem Spot Foto Gunung Ijen yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Mendaki





 

1 komentar

  1. Destinasi yg menarik bgt buat para penjelajah gunung, dg tampilan danau indah & panorama alam yang cantik..

    Para pendaki akan menemukan pengalaman indah yang akan dikenang sepanjang waktu buat mereka ketika mencapai gunung ijen ini..
Tinggalkan jejak disini :)
Posting Komentar