5 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku

Buku merupakan jendela dunia, maka membaca adalah pintu, dan pengetahuan yang di dapat adalah seisi rumahnya.


5 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku

Buku merupakan jendela dunia, maka membaca adalah pintu, dan pengetahuan yang di dapat adalah seisi rumahnya. Kita pasti sudah sering mendengar bahwa jika ingin memperluas wawasan maka kamu harus banyak membaca, membaca apapun itu segala macam genre bacaan. Terlepas dari banyaknya manfaat membaca, pasti ada tantangan tersendiri untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, nah sekarang aku mau sedikit sharing caraku menumbuhkan kebiasaan membaca buku.

5 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku :

1. Memilih buku bacaan yang bahasanya ringan

Jika kamu memutuskan untuk belajar menyukai dunia membaca, kalian bisa memulai dengan bacaan yang bahasanya ringan, misalkan kamu bisa membaca buku genre fiksi atau novel. Baiknya kalian membaca review dari orang yang sudah membaca terlebih dahulu, meskipun terkadang selera orang beda-beda ya, tapi setidaknya kalian punya pandangan terlebih dahulu sebelum membeli buku. Jika kalian membutuhkan referensi bacaan, kalian bisa melihat review singkat di bookgram yang banyak berseliweran di instagram atau di google lebih lengkapnya.

Baca juga : [Review Book] Duduk Dulu : Jangan Lupa Jadi Manusia Karya Syahid Muhammad

2. Membaca buku sesuai dengan yang kamu rasakan

Biasanya jika kita menemukan hal yang relete dengan kita, pasti akan gampang tertarik–karena merasa ada yang sama dengan yang sedang kita rasakan, alih-alih kita mendapat jawaban dari keresahan yang sedang dialami. Ketika kamu menemukan bacaan yang “kamu banget” itu pasti kayak lagi menemukan dunia baru. Sekalinya ketemu, aku yakin bakalan langsung ketagihan membaca buku.

3. Mulai membuat target

Membuat target membaca seperti salah satu bentuk trigger untuk diri sendiri, misal kamu menargetkan diri kamu dalam satu bulan minimal menghabiskan satu buku, atau menargetkan diri kamu setiap harinya membaca lima-sepuluh lembar buku, bisa juga dengan menargetkan setiap hari meluangkan waktu 10-20 menit untuk membaca. Tentu hal sebagai langkah awal membangun habbit membaca.

4. Pilih waktu yang nyaman untuk membaca

Rutinitas kita yang berbeda-beda tentu tidak bisa disama-ratakan kapan waktu yang baik untuk membaca, kalian sendiri yang bisa menentukan waktunya kapan. Kalau aku sendiri biasanya akan membaca buku di pagi hari sebelum beraktifitas dan dimalam hari sebelum tidur, oiya kalian biasakan menaruh buku yang akan di baca di tempat yang mudah dijangkau. Jika kalian sedang beraktifitas di luar jangan lupa bawa selalu buku di tas kalian, jika kalian sedang di rumah taruhkan buku yang mudah di jangkau misal di atas kasur atau di depan tv. Waktu dan tempat untuk membaca sebenarnya fleksible– cuman memang butuh effort lebih untuk membangun Habbit membaca. Coba deh kamu belajar menjadikan buku adalah teman baikmu. 

 5. Ikut komunitas membaca

Mengikuti komunitas membaca bisa mempertemukanmu dengan orang-orang yang sefrekuensi denganmu, memberi semangat satu sama lain. Saat ini ada puluhan komunitas membaca yang bisa kamu ikuti secara gratis. Selain mendapat teman baru kalian juga bisa mendapat referensi bacaan yang banyak, bisa saling bertukar review buku bacaan. Seru bukan !

Baca juga : [Review Books] Man Shabara Zhafira : Menikmati Proses, Menghargai Kegagalan






2 komentar

  1. Poin² yang di share memang cukup relate min, thanks🙏
  2. sip, semoga bermanfaat :)
Tinggalkan jejak disini :)
Posting Komentar