[Review Book] Gadis Kretek : Sejarah Aroma Kretek dengan Balutan Kisah Cinta Segitiga by Ratih Kumala

gadis kretek buku fiksi yang berlatar kehidupan pengusaha rokok kretek yang terkenal pada zamannya,di balut dengan kisah asmara segitiga yang menarik.

duduksebentar.website – Gadis Kretek sebuah Novel sejarah, aku perkenalkan dulu penulisnya siapa– Ratih Kumala, aku rasa kebanyakan dari kalian sudah pasti tidak asing dengan nama beliau, lewat karya-karyanya yang tidak akan mati oleh zaman, salah satunya Novel Gadis Kretek yang diterbitkan pertama kali sejak 2012 sampai sekarang masih saja banyak dicari–tercium seperti aroma kretek yang ada dimana-mana. buku ini padat akan narasi dan sedikit percakapan, menjadikan suasana dan plot twist yang ada di buku ini mengalir begitu saja, mudah kita visualkan di angan-angan.

sebagai orang yang benci dengan aroma rokok, sialnya tertarik membaca buku yang tidak jauh dari sejarah rokok kretek yang berlatar dengan kehidupan pengusaha rokok kretek. Salah satunya aku tertarik membaca fiksi ini karna akan menjadi serial film di Netflix (entah kapan akan tayang).

Cuplikan cerita dari buku Gadis Kretek

Kretek Djagat Raja merupakan rokok kretek nomor satu di Indonesia yang pada kenyataannya memiliki konflik panjang sebelumnya, Soeraja sebagai pemilik kretek Djagat Raja telah berhasil menutupinya hingga maut hampir menyapanya. Pak Raja begitu sapaan akrabnya, ketika di penghujung mautnya sering menyebut nama Jeng Yah, Pak Raja memiliki kehidupan yang mewah dan lengkap, istrinya Purwanti yang setia dan tiga anak laki-lakinya; Tegar anak pertama, Karim anak ke dua dan Lebas anak ke tiga. dari kesempurnaan hidupnya kenapa harus ada nama wanita lain yang terucap di saat sekarat.

Memperintahkan putranya diam-diam untuk mencari seorang wanita yang bernama Jeng Yah, Purwanti istrinya tidak setuju awalnya, meskipun pada akhirnya memberinya lampu hijau, itupun setelah tersungut api cemburu.

Dibalik pencarian sosok wanita yang bernama Jeng Yah mampu menguak misteri kisah masa lalu kehidupan Pak Raja dengan Jeng Yah, tidak hanya sejarah cinta keduanya, penulis juga menyinggung sejarah kretek di Kota M. akan banyak puzzel yang tidak akan bisa tersusun rapi jika kita tidak membacanya secara beruntun, dibalik kisah Soeraja dan Jeng Yah, ada kisah pertemanan antara Soedjagat dan Idris Moeria yang pada akhirnya berubah musuh bebuyutan sejak keduanya menyukai wanita yang sama Roemaisa (Jeng Yah).

Soedjagat dan Idris Moeria menjadi pesaing bisnis kretek, keduanya telah melahirkan banyak kretek, yang pada akhirnya terciptanya Kretek Gadis. Tragedi G30S terkuak kembali, orang-orang yang terlibat dengan PKI dibabas bersih oleh TNI, hal itu yang membuat kisah-kisah di dalamnya menjadi berubah. 

satu persatu pada akhirnya terkuak dengan gamblang, buku ini akan membawamu pada kisah cinta klasik yang rumit, yang tulus, dengan nuansa yang mampu menyeret kita dari zaman yang serba canggih ini.

Baca Juga : [Review Book] Kamu Gak Sendiri Karya Syahid Muhammad | Self Improvement

Meskipun ceritanya menurutku agak rumit, karna semuanya yang terlibat seperti pemeran utama, hampir separuh buku ini menceritakan kisah masa lalu Idroes Moeria dan Jeng Yah–lebih menarik perhatian, ketimbang Soedjagat yang sejak awal sudah ada di Blurb buku ini. Penulis sedikit menyinggung sejarah dibuku ini, meskipun kebanyakan orang menyebut buku ini Novel sejarah. Sepanjang aku membaca buku ini, isi paling banyak di dalamnya sebuah persaingan bisnis rokok kretek yang paling enak pada zamannya. Tapi overall buku ini oke buat kalian yang suka novel klasik.

Rate : 8/10
Penulis : Ratih Kumala
Halaman : 284 
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012

gadis kretek by @vivi.okw


10 تعليقات

  1. nggak tahu ya kenapa kisah cinta itu selalu menarik, penasaran dengan kehidupan jeng Yah yang sampai jadi rebutan hehe
  2. Oh novel ini ternyata sudah dari tahun 2012 toh. Tapi entah mengaja akhir-akhir ini hits lagi deh. Penasaran pengen baca juga. Makasih ya untuk reviewnya ^^
  3. Aku juga sudah baca buku ini. Asli ceritanya padat meski ada unsur sejarah per-kretekan di sana. Aku baca di ipusnas dan nunggu berbulan-bulan buat bisa baca. 😂
  4. Wow! Ternyata seseru itu ya. Saya gak tahu kalau ceritanya haru
  5. Aku baru tahu novel ini gara-gara postingan Dian Sastro yang main di filmnya, Gadis Kretek. Ternyata memang ceritanya sedikit rumit, ya. Untuk mereka yang suka kisah berlatar sejarah, novel ini menurutku pantas dibaca karena membawa kita seolah kembali ke masa silam.
  6. Menarik sekaligus jadi penasaran juga ya dengan rumitnya cinta segi banyak karena gadis kretek ini. Bahkan perebutan Jeng Yah terjadi sampai di saat pak Raja sedang kepayahan di usia tuanya.
  7. Saya sering lihat postingan tentang novel ini dan kabar akan difilmkan. Wah ternyata emang sebagus itu ya isinya. Novel sejarah emang keren sih saya jadi pengen baca juga nih.
  8. Gadis kretek menjadi salah satu buku yang banyak dibaca dan diulas oleh netijen, apalagi dengan kisahnya yang dinaikkan jadi film layar lebar, buku ini bisa menjadi sangat layak dirokemndssikan untuk dibaca
  9. Seperti itu emang kisah yang tidak mudah dengan begitu saja bisa ditinggal. Pasti akan ada bagian saat kepuasan yang dicari akhirnya bisa kita temukan juga
  10. Sangat masuk akal sih soal kretek di novelitu. Jaman dulu kan rokok filter belum seberapa merajalela, yang terkela rook lintingan atau sebutan rokok kretek itu
Tinggalkan jejak disini :)
إرسال تعليق